Home / Edukasi / Tidak Mudah Jadi Anggota LPM Penalaran UNM Berliku Jalan Harus Dilalui

Tidak Mudah Jadi Anggota LPM Penalaran UNM Berliku Jalan Harus Dilalui

foto: jadi anggota PMP-OMK XX Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar tidak mudah lalui banyak tes hasilkan mahasiswa kritis berkualitas

foto: jadi anggota PMP-OMK XX Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar tidak mudah lalui banyak tes hasilkan mahasiswa kritis berkualitas

SEPUTAR MAKASSAR–Menjadi anggota PMP-OMK XX Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) tidak gampang. Perekrutan anggota baru telah berlangsung sebulan lebih. lebih.

Mereka pun harus mengikuti Technical Meeting (TM) I, selain itu calon peserta PMP-OMK XX wajib mengikuti 3 jenis tes yaitu: Leaderless Group Discussion (LGD), wawancara dan tes tertulis. Akumulasi dari ketiga jenis tes ini menentukan apakah peserta berhak untuk mengikuti PMP-OMK XX.

Leaderless Group Discussion (LGD) merupakan salah satu tahapan seleksi PMP-OMK XX LPM Penalaran UNM. Tes LGD ini dibagi sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh peserta sendiri. Pelaksanaan LGD dimaksudkan untuk menggali kemampuan dasar serta kreativitas berpendapat dalam sebuah forum.

Kegiatan LGD ini dilaksanakan selama enam hari, mulai tanggal 6-11 Maret 2017 di Pelataran Lt. 1 dan Koridor Lt. 2 Menara Pinisi UNM yang dimulai pada pukul 16.15 – 17.45 WITA.

Peserta dibagi ke dalam 12 pos diskusi dengan masing-masing sebanyak 6-7 peserta. Ada tiga tema yang akan didiskusikan pada saat LGD dan masing-masing kelompok akan diberikan satu tema yang ditentukan secara random pada saat diskusi. Selama diskusi ada dua orang observer yang tergabung dalam unsur panitia pengarah dan pengurus harian/anggota LPM Penalaran UNM yang mengawasi jalannya diskusi.

Tema LGD diambil dari permasalahan atau berita yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Ketiga tema LGD tersebut adalah Bonus Demografi Indonesia Tahun 2020-2030, Penghapusan Ujian Nasional (UN), dan Pendaftaran CPNS tidak dibuka?. Isnawati salah satu calon peserta PMP-OMK XX yang telah melakukan tes wawancara mengungkapkan “pada proses LGD saya bisa meningkatkan kemampuan berdialektika di kelompok diskusi”.

Penulis: Andi Hilda Susilawati (Publikasi dan Dokumentasi LPM Penalaran UNM)

Editor: Ancha

SEPUTAR MAKASSAR MEMBUKA SELUAS-LUASNYA PERAN AKTIF ANDA DENGAN MENGIRIMKAN OPINI, IDE, ACARA/KEGIATAN dan Ucapan juga Tanggapan. KIRIM ARTIKEL ANDA KE: seputarmakassarkita@gmail.com

Catatan: Agar artikel anda Segera Diturunkan. Sertakan Foto, ID dan Nomor kontak. Foto akan diletakkan di samping artikel anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top