Home / Berita Luar / Masyarakat Mamuju Resah PT Baraindoco Kuasai Lahan

Masyarakat Mamuju Resah PT Baraindoco Kuasai Lahan

penguasaan lahan-ilustrasi. Foto: Int

penguasaan lahan-ilustrasi. Foto: Int

SEPUTAR MAKASSAR–Masyarakat yang bermukim di Desa Taan Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat diresahkan dengan keberadaan PT Baraindoco yang dinilai telah menguasai lahan di desa tersebut hingga seluas 27.370 hektare.

“Terus terang kami panik dan resah setelah memperhatikan surat yang diterbitkan Kepala Desa Taan bahwa PT Baraindoco telah menguasai lahan hingga 27.370 untuk melakukan investasi,” kata Basri warga masyarakat Desa Taan di Mamuju, Minggu 26 November 2017.

Ia mengatakan, PT Baraindoco melalui SK Menteri Kehutanan Nomor 110/Menhut-II/2014 tanggal 30 Januari 2014 telah menguasai lahan masyarakat tersebut dan dianggap pemerintah desa berpotensi menimbulkan perselisihan areal dan pemukiman masyarakat.

“Karena kondisi yang ada itu maka kami khawatir keberadaan PT Baraindoco akan mengambil lahan perkebunan masyarakat yang selama ini tempat mereka mencari nafkah,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat akan kehilangan lahan jika PT Baraindoco mengklaim lahan masyarakat tersebut, apalagi akan mengganti rugi.

“Kami akan menolak investasi PT Baraindoco karena luas lahan yang dikuasai hampir menguasai wilayah Desa Taan dan tentu masyarakat akan kehilangan kampung halamannya,” katanya.

Kepala Desa Taan Syawal Muttalib sebelumnya melalui suratnya telah menyampaikan kepada masyarakat pemilik lahan untuk ikut dalam program tanah obyek reforma agraria (Tora) tahun 2017 untuk melakukan sertifikasi semua lahan yang dimiliki secara sah.

Kepala desa juga telah meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Mamuju agar memperlancar proses sertifikasi tanah melalui program tersebut.

Sumber: ANtara Sulsel

Editor: Ancha

SEPUTAR MAKASSAR MEMBUKA SELUAS-LUASNYA PERAN AKTIF ANDA DENGAN MENGIRIMKAN OPINI, IDE, ACARA/KEGIATAN dan Ucapan juga Tanggapan. KIRIM ARTIKEL ANDA KE: seputarmakassarkita@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top