Home / Opini / KOPEL Bulukumba: Anggota Partai Isi DPD Bisa Ancam Demokrasi

KOPEL Bulukumba: Anggota Partai Isi DPD Bisa Ancam Demokrasi

Muh jafar Direktur KOPEL Bulukumba.Foto: Int

Muh jafar Direktur KOPEL Bulukumba.Foto: Int

SEPUTAR MAKASSAR–Dewan Perwakilan Daerah (DPD) awalnya dibentuk untuk menjadi jembatan “suara daerah” ke pusat. Ironisnya beberapa tahun ini, anggota DPD bukan lagi diisi oleh orang daerah tetapi justru anggota partai politik, yang sudah terwakili di DPR.

Fenomena ‘parpolisasi DPD’ ini dinilai berbahaya oleh banyak kalangan salah satunya Komite Pemantau Legislatif Indonesia (KOPEL) Bulukumba.

Pada awalnya gagasan membentuk DPD ada misi mulia yang terkandung di dalamnya, yaitu menjadi penyeimbang Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam fungsi legislasi agar tidak dominan dan mendorong terjadinya penyalahgunaan wewenang. DPD yang beranggotakan 132 wakil utusan dari semua propinsi diharap menjadi “suara daerah” yang menjadi penyeimbang suara DPR yang beranggotakan 560 wakil berbagai partai politik.

Namun, tujuan awal dan misi mulia itu makin jauh dari harapan ketika ternyata sebagian besar anggota DPD juga diisi oleh wakil partai politik.

Dalam perkembangan yang terjadi di DPD RI akhir akhir ini, banyaknya anggota DPD yang menjadi pengurus partai politik tentu akan mengancam tatanan demokrasi di Indonesia, dimana DPD sebagai harapan penyeimbang di parlemen akan semakin lemah karena adanya tekanan parpol.

“Jika ternyata lembaga ini (DPD) dihuni oleh orang-orang parpol, maka mandat DPD tidak akan berfungsi dengan baik, tidak bisa berjalan secara optimal. Akan terjadi kooptasi di pemerintah daerah karena relasi DPD itu langsung kepada daerah,” ucap Muhammad Jafar, Direktur Kopel Bulukumba.

Apalagi kalau ketua DPD dari parpol, itu akan berbahaya. Harus dipahami, di daerah itu tidak satu parpol. Cara pandang akan bergeser, semua akan dimaknai secara politis. Seluruh kebijakan akan dimaknai seperti itu,” tambahnya.

Untuk itu, Kopel Bulukumba dengan tegas menolak anggota DPD berparpol dan menolak pelaksanaan sidang paripurna yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 3 april 2017 mendatang.

Sumber: Kabar-Toraja

Editor: Ancha

SEPUTAR MAKASSAR MEMBUKA SELUAS-LUASNYA PERAN AKTIF ANDA DENGAN MENGIRIMKAN OPINI, IDE, ACARA/KEGIATAN dan Ucapan juga Tanggapan. KIRIM ARTIKEL ANDA KE: seputarmakassarkita@gmail.com

Catatan: Agar artikel anda Segera Diturunkan. Sertakan Foto, ID dan Nomor kontak. Foto akan diletakkan di samping artikel anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top